beda

beda

kadang-kadang belajar menerima bahwa setiap kita memang diciptakan berbeda-beda itu butuh waktu lama. mungkin ada proses “berusaha mengelak”, menyama-nyamakan, agar dengan seperti itu secara sosial kita bisa lebih dapat diterima, tapi percayalah, justru keindahan ada pada kesadaran bahwa kita memang berbeda-beda.

ada banyak alasan yang menyebabkan kita mempertahankan beda itu, yang paling kuat di antaranya adalah soal value. dan bicara soal value, erat kaitannya dengan keluarga, tempat di mana kita bertumbuh, dipupuk ideologinya, diberi titik awal tentang bagaimana kita sepatutnya memandang dunia.

misal, sampai saat ini Ibu saya sangat detil soal urusan bahasa dan gaya bercanda, menegur saya ketika pada suatu momen memanggil adik dengan sebutan “Si”, atau dengan panggilan-panggilan kesayangan untuk adik versi saya, “Yusuf” —> “Ucup”,

“kok ibu nggak enak ya, kalau dengar ada kata “Si” di depan nama orang..” atau “kok nama bagus-bagus dipanggil Ucup..” #glek, baiklah.. biasanya saya hanya cengar-cengir (dan tetap memanggil “Ucup” ketika hanya dengan Ucup :D)

ragam bentukan manusia yang muncul dari banyak tipe keluarga itu kemudian berubah menjadi sekumpulan orang, sekumpulan masyarakat, kemudian saling berinteraksi satu sama lain dan menimbulkan warna-warni berbeda.

pada akhirnya, kemampuan  berempati atas setiap kondisi kawan kita pada akhirnya menentukan sejauh mana kita bisa belajar menyerap kebaikan yang saya yakin ada, sesedikit apapun itu, terserak di sekeliling kita.

jangan mengelak kalau seringkali ukuran selera kita tak sama, cukup terima, (pelajari dan tiru jika itu kebaikan) selama itu masih bersifat furu’ namun tegur kalau memang itu soal prinsip—aqidah„

percayalah, kejujuran menampilkan diri apa adanya justru membuat kita lebih beridentitas, tampil dengan setiap keunikannya„

ragam warna di sekitar kita mengajari bahwa kita memang diciptakan berbeda-beda. dan Islam, hadir untuk mengharmonisasikan itu semua.
(depok, 7 Oktober 2012)

Advertisements

One thought on “beda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s