mengantar, membuat rindu

mengantar, membuat rindu

“tarbiyah adalah mengantar, membuat rindu, dan mendorong semangat.”

somehow, rasanya mau menangis membaca kata-kata itu. malu sekali belum bisa menjadi pendidik yang bisa mewujudkan kaidah indah itu. kilas balik melihat adik-adik manis dan cerdas itu, Allah, maafkan hamba yang belum mampu menunaikan amanah besar itu: membentuk mereka menjadi manusia-manusia yang semakin cinta pada-Mu.

di tengah goncangan dan gempuran dahsyat yang tengah dihadapi saudara-saudari di Palestina, saya sadar bahwa emosi atau kemarahan yang meledak-ledak saja tidak cukup untuk melawannya. harus ada pewarisan cita-cita dalam waktu yang panjang,  terus menerus membenahi diri, membentuk generasi yang lebih tangguh untuk masa depan Islam yang terang. Palestina adalah simbol, akumulasi dari bagaimana setiap pencintanya–khususnya kaum muslim yang terikat ideologis dengannya, mampu paralel membereskan persoalan dalam negerinya sendiri, untuk bergerak membantu saudara-saudari di sana.

dan karena saya meyakini bahwa saya adalah bagian kecil dari semesta, maka menjadi pembentuk yang baik dapat menjadi bentuk kontribusi lain untuk saudara-saudari di Gaza sana. maka segeralah benahi amanah itu, seorang pendidik, pembentuk,

“seorang murabbi itu seharusnya juga mampu ‘mentakwin’–membentuk, dan sayangnya nggak semua orang bisa ‘membentuk’, karena butuh ‘ketega-an’, membenturkan mutarabbi kita ke sana dan ke sini. karena dengan benturan itulah dia akan semakin matang bentukannya. ”

– seorang ustadz

“seorang murabbi hendaknya memerankan secara bijak peran guru dalam hal-hal ilmiah, komandan dalam keprajuritran, syekh dalam tarbiyah ruhiyah, dan orang tua dalam rabithah qalbiyah (hubungan hati).”

Allah, mohon kuatkan..

Advertisements

2 thoughts on “mengantar, membuat rindu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s