pas banget ini..

DEBUTERBANG

“Bila ada dua orang muslim berkelahi,” saya masih ingat begitu penjelasan ceramah Zainudin MZ yg sering diputar di masjid-masjid waktu sore jelang maghrib dulu, “lalu salah satu diantara mereka terbunuh, maka dua-duanya masuk neraka. Kenapa? Karna baik yang terbunuh maupun yang membunuh sudah sama-sama niat. Hanya saja yang terbunuh kalah cepat.”

Selepas mendengarkan ceramah itu, saya bertanya-tanya heran, bukankah yang biasa saya dengar dari wejangan para orang tua adalah bahwa Tuhan sebegitu baiknya, ‘niatan baik manusia, meski belum dilaksanakan sudah dihitung sebagai satu kebaikan, sedangkan niatan buruk sebelum terlaksana tiadalah dianggap?’ Saya agak bingung juga dengan kontradiksi ini, sampai saya sempat lupa dengan hal itu karena lama tiada ketemu jawaban.

Belakangan, saya menemukan penjelasan lebih dalam dari guru-guru kita –tapi mohon maaf saya tak pandai menyitir ayat atau hadistnya- yang kurang lebih maknanya begini: Keadaan di dalam hati manusia itu beragam-ragam. Kadangkala kita hanya memiliki lintasan fikiran, yang muncul…

View original post 1,391 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s