brave

brave

“harus putar balik, cari rencana lain. kalau benar seperti ini, bisa gagal agenda kajian publik kita,” wajah serius dan penuh taktik Dio berpikir dalam.

“kenapa memang Di?,” Sal yang baru datang keheranan melihat suasana ruangan yang mendadak tegang. Wajah-wajah kecemasan dan kebingungan bergantian memenuhi ruangan itu.

Tapi tidak dengan Sil. Seperti biasa, wajah jenaka dan lurus itu masih asyik dengan pekerjaan rutinnya. Mencorat-coret papan tulis di hadapannya: agenda pertemuan hari ini.

“tuh,” Dio menjawab singkat, seraya menunjuk Sil dengan dagunya, “ditelpon Bu Rima semalam, jam 12 malam!”

“he?” Sal mengernyitkan dahinya.

“ada instruksi untuk menghentikan agenda diskusi kita besok lusa. atau, kalau tetap diteruskan, mandatnya akan dicabut.” Dio bertutur cepat.

“wah?” Sal membelalakkan matanya. Kepalanya menoleh bergantian dari Dio ke Sil, “terus?”

“saya jawab,” kali ini Sil yang bersuara, dengan cengiran khasnya, “jangankan mandat saya dicabut, matipun saya nggak takut.”

glek. Sal menelan ludah, menoleh ke Dio yang hanya tertawa, mengacung-acungkan jempol ke arah Sil. “nggak salah gw punya bos kayak lo Sil!”

Sret, sret. baris terakhir selesai ditulisSil menutup spidolnya, mengarahkan pandangannya ke seluruh ruangan, menatap binar kecemasan di setiap mata anak buahnya, “yuk, mulai pertemuan ini dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. berdoa, dimulai.” memejamkan matanya sekian detik, Sil membuang jauh-jauh bayang kekhawatirannya, mengingat-ingat pesan gurunya, “ingat Sil, mati hanya soal waktu. kalau Allah berkehendak, apapun bisa terjadi. termasuk bahaya, atau keselamatan yang akan menyelimuti diri kita. tugas kita mengikhtiarkan pelarian diri kita atas kematian. Berdoa sebenar-benarnya, agar hanya mati dalam keadaan muslim, dan saat memang tanggung jawab kita sebagai makhluk-Nya sudah usai.”

Sil membuka mata, babak baru keberanian hidupnya baru saja dimulai.

Advertisements

2 thoughts on “brave

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s