Waktu

Waktu

“Bila semua cara belum berhasil, mungkin tinggal waktu.
Waktu itu adalah makhluk ciptaan Allah yang sangat unik. Dia bersama kita tanpa bisa dikendalikan, dia berjalan tanpa bisa dihentikan, dia hanya bisa direncanakan dan diprediksi tanpa pernah bisa diintervensi, dan dia berjalan mengikuti perasaan lalu menggiring kita pada hasil yang sesuai dengan apa yang kita usahakan.

Maka lihatlah perjalanan hidup para nabi, ulama, dan orang-orang sholeh. Misi mereka selalu ditingkahi oleh waktu-waktu yang membawa tantangan amat berat, tapi mereka bertahan dan menang karena keikhlasan. Tekad mereka menjauhkan kegelisahan, pada akhirnya usaha pun berbuah kegemilangan. Fitnah sering kali menghampiri, tidak saja datang dari orang lain, bahkan sahabat dan keluarga sendiri. Tapi mereka tetap teguh, yakin, dan berserah diri, hingga akhirnya masa-masa sulit itu bisa dilewati.

Waktu memang selalu ingin menyempurnakan ceritanya. Begitu pula dengan kita. Keberhasilan yang kita harap dari sekian banyak usaha yang kita lakukan, mungkin belum terlihat karena waktu belum menyempurnakan ceritanya. Masih ada mata rantai yang belum tersambung. Masih ada rangkaian yang belum datang. Karena itu, kita tidak perlu trgesa-gesa mengakhirinya.

Waktu itu hakikatnya singkat, bersabar adalah yang terbaik untuk kita…”

*disarikan dari Majalah Tarbawi, Jumadil Awal 1432 H

Advertisements

One thought on “Waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s