Worshipper, Intellectual, Faithful, Educator

Worshipper, Intellectual, Faithful, Educator

Hari ini, salah seorang dosen muslimah yang saya kenal sebagai sosok penyeru kebaikan di kampus saya dilantik sebagai profesor. Di usianya yang sebaya dengan ibu saya, pengajar di Departemen Farmasi tersebut berhasil menyelesaikan risetnya tentang manggis, di mana ia berhasil menemukan 8 senyawa baru, yang tiap senyawanya dinamakan dengan nama anaknya. Jika diberi kesempatan, suatu waktu saya ingin bertanya padanya bagaimana mengatur waktunya dengan amanah sebagai istri, sebagai ibu dari 8 orang anak, dan tentunya amanahnya sebagai pengajar di UI. Semoga Allah berkahi amanah barunya ya Bu. 🙂

Di lain kesempatan saya dipertemukan dengan senior muslimah lain yang membuat saya masih merasa jauh di dasar bumi. Namanya sudah melambung ketika saya berstatus sebagai mahasiswi baru di UI, sebagai Mahasiswa Berprestasi FKM UI. Namun baru beberapa tahun kemudian ketika kami sama-sama sudah berstatus sebagai alumni, Allah pertemukan kami sebagai sesama pembicara di salah satu forum kemuslimahan. Bicaranya terstruktur dan tegas, melengkapi sosoknya yang lembut dan intelektualis. Saya yang masih junior di bawahnya merasa bersyukur sekali bisa banyak belajar dari beliau, yang saat itu baru saja menyelesaikan S2nya di Inggris, dengan diamanahkan satu anak perempuan yang bertumbuh lucu dan cerdas.  Ketika di kesempatan itu saya bertanya, apa cita-citanya, dengan mantap ia menjawab, bahwa ia ingin menjadi guru besar termuda di departemennya. Kabar terakhir yang saya tahu, beliau saat ini sudah kembali lagi ke Inggris untuk menyelesaikan S3nya di bidang yang sama. Semoga Allah beri kekuatan untuk mencapai cita-citanya ya Mbak 🙂

Dari mereka saya belajar, bahwa visi yang kuat dalam hidup akan menuntun akan ke mana kita melangkah. Saya yakin, visi kuat dari kedua perempuan tersebut tidaklah “sekedar” ingin menjadi profesor atau guru besar. Tapi ada “why” yang sudah terjawab dan terus menerus diulang, sehingga ketika ada hambatan, kesulitan, kendala atau apapun yang berpotensi mematahkan semangat mereka, mereka bisa kembali bangkit dan  berjalan. Yes, kalau sudah tahu mau ke mana dan mengapa, caranya bagaimana akan mengikuti. Keyakinan yang selalu diselipkan dengan doa-doa, karena Dia Maha Mendengar setiap keinginan dan kehendak kebaikan, dan akan dikabulkan di waktu yang tepat menurut-Nya.

Seperti pelajaran ekstra yang saya dapat dari perempuan istimewa itu. Ketika saya bertanya padanya di suatu waktu, “Bu, dulu terpikir nggak si Ibu mau kerja kantoran gitu atau ngejar karir?” Jawabnya, “dulu Ibu punya cita-cita untuk jadi ahli hukum tata negara,” ya, perempuan yang mengajari saya secara langsung untuk menjadi tawazun woman itu dulu sempat mengambil sarjana muda hukum di salah satu kampus swasta di Bandung, berbarengan dengan pendidikan sarjana ilmu komunikasinya di kampus negeri di kota yang sama. Menyelesaikan kedua pendidikan itu dengan jalan yang tidak mudah, karena sudah diamanahi dua orang prajurit kecil. “Tapi, begitu punya anak, yang ada di pikiran Ibu itu gimana cara ngedidik anak-anak supaya jadi anak-anak yang baik”

Begitulah, waktu terus berjalan, dan Ibu, perempuan yang melahirkan saya dan saudara-saudari saya itu akhirnya diberi kesempatan “menjalani” peran yang bersentuhan dengan hukum tata negara puluhan tahun kemudian. Semoga Allah merahmatimu, Bu.

Kalau kata Arai, “bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu”. Sekarang pertanyaannya, kau sudah punya mimpi belum? Kalau sudah, sudah seberapa jauh memantaskan diri untuk mimpi itu? Mengusahakannya?

“Hardwork betrays none, dreams betray many,” begitu kata orang (quote yang saya lihat di status WA adik saya, tapi sepertinya itu dari anime ya? :D), tapi ada pesan yang lebih keren lagi didapat dari kitab suci saya selaku muslimah,

“Walladziina jaahaduu fiinaa lanahdiyannahum subulanaa..” (Qs. Al-Ankabut: 69)

*on my way to be a good wife: worshipper, intellectual, faithful, educator.

2 thoughts on “Worshipper, Intellectual, Faithful, Educator

Leave a Reply

