A Test

A Test

Sebagian dari kita hampir bisa dipastikan pernah melalui fase ujian yang membuat kita cemas tak keruan dan ingin agar ujian itu segera berlalu. Saya ambil contoh ujian kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS) misalnya. Saat ini marak diadakan di mana-mana–dari seminar sampai kursus online gratis, peluang untuk dapat menggali tips dan trik agar ujian tersebut dapat dilalui dengan baik dan mencapai skor minimal agar dapat memenuhi beragam kebutuhan. Ada yang mengincarnya sebagai batu lompatan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, mendapatkan beasiswa, atau kebutuhan untuk melamar pekerjaan. Ramai orang bertanya pada mereka yang sudah melewati fase minimal atau bahkan jauh di atasnya, belajar ekstra keras agar dapat melompati batas minimal hingga tercapai cita yang diinginkan.

Seperti itulah kira-kira kalau boleh saya analogikan setiap fase ujian dan problem hidup yang kita jalani. Insight lain yang saya dapatkan dalam melihat suatu ujian adalah, sisi kemanfaatannya untuk orang lain manakala kita berhasil melewati ujian tersebut dengan baik.  Life is a test, indeed. “Untuk menguji siapa di antara kita yang paling baik amalnya.” (QS. 67: 2)

Untuk setiap peluh, air mata dan darah yang mungkin sedang dihadapi sekarang, percayalah bahwa tidak ada kesedihan dan kelelahan yang abadi. Dunia akan terus berputar dengan kita ada di dalamnya atau tidak, dengan kita sedang berderai air mata atau berbuncah tertawa. Tapi putarannya akan menjadi kenangan yang dapat dijadikan pelajaran berharga untuk kita menjejak masa depan: agar lebih berhati-hati, agar lebih berkuat-hati, agar bisa berbagi energi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s